Mudahkan Akses Literasi Antikorupsi, IPB University dan KPK Jalin Kerjasama dan Resmikan KPK Corner di Kampus

Berita

mudahkan-akses-literasi-antikorupsi-ipb-university-dan-kpk-jalin-kerjasama-dan-resmikan-kpk-corner-di-kampus-news.jpegIPB University dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) di Gedung Perpustakaan Kampus IPB Dramaga, Bogor (16/12). Selain penandatangan kerjasama, Komjen Pol Firli Bahuri, Ketua KPK juga meresmikan KPK Corner di Perpustakaan IPB University.

Dalam kesempatan ini, ia mengungkapkan rasa bahagianya bisa memberi andil dalam upaya pemberantasan korupsi dan membangun pemahaman tentang korupsi kepada dosen, pegawai, mahasiswa dan masyarakat.

“Terimakasih kepada IPB University yang berkenan dan selalu membersamai KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. Dengan ini saya meresmikan KPK Corner dalam rangka menyebarluaskan literasi tentang korupsi,” ujarnya.

Ketua KPK juga menyampaikan bahwa IPB University banyak menginspirasi dengan berbagai inovasi dan berkomitmen dalam membangun integritas. Ia menyebutkan pentingnya membentuk nilai integritas kepada generasi muda.

“Saya merasa bersyukur berada di forum ini. Tidak ada yang bisa mengubah dunia, hanya pendidikan yang bisa mengubah dunia. Saya apresiasi rekan yang ada di dunia pendidikan yang memberikan edukasi, membangun sumberdaya manusia. Karena pendidikan menjadi tujuan negara. Pendidikan membentuk sumberdaya manusia yang cerdas seutuhnya dan sesungguhnya,” ucapnya.

Sementara itu, Prof Agus Purwito, Pelaksana Harian (Plh) Rektor IPB University menyampaikan bahwa dengan adanya KPK Corner maka mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan dapat mengakses literasi tentang pendidikan pemberantasan korupsi. Literasi pemberantasan korupsi juga telah dimasukkan ke banyak mata kuliah.

Menurutnya, pendidikan anti korupsi menjadi komitmen rektor. IPB University berusaha memberikan rencana aksi penguatan integritas anti korupsi di perguruan tinggi.

“Hari ini diresmikan KPK Corner yang terletak di perpustakaan sehingga semua khalayak mahasiswa dosen, tenaga kependidikan dan masyarakat umum dapat mencari tahu apa itu tindak pidana korupsi. Dengan adanya KPK Corner, mereka bisa mendapatkan informasi lebih banyak dan literasi anti korupsi dapat diakses semua orang,” tambahnya.

Prof Pudji Muljono, Kepala Perpustakaan IPB University menyampaikan ada 515 judul buku terkait integritas. Keberadaan KPK Corner dapat bermanfaat untuk ekosistem integritas.

“Harapannya mahasiswa bisa menjadi agen perubahan dalam memberantas tindak pidana korupsi,” imbuhnya.

Prof Tri Wiji Nurani, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) KPK IPB University menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Ketua KPK di IPB University. Ini merupakan kali kedua Ketua KPK hadir di IPB University. Yang pertama saat kuliah umum dan kali ini saat penandatanganan kerjasama.

“Ini merupakan komitmen kuat beliau untuk terus memberikan arahan terhadap peran kampus, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan untuk bisa memberantas korupsi,” tandasnya. (dh/Zul)

 

Published Date : 19-Dec-2022

Resource Person : Prof Tri Wiji Nurani, Prof Pudji Muljono, Komjen Pol Firli Bahuri

Keyword : IPB University, KPK, Korupsi, KPK Corner

ARSIP