Tingkatkan Kompetensi Pustakawan, Perpustakaan IPB University Gelar Pelatihan Penelusuran Informasi Online

Tingkatkan Kompetensi Pustakawan, Perpustakaan IPB University Gelar Pelatihan Penelusuran Informasi Online

Prof Pudji MuljonoPerpustakaan IPB University menggelar Pelatihan Penelusuran Informasi Online, (13-14/7). Kegiatan ini diikuti oleh 44 pustakawan IPB University. Dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof Dodik Ridho Nurrochmat menyampaikan pelatihan ini untuk mengembangkan kompetensi pustakawan IPB University dalam memanfaatkan penelusuran informasi. Semangat dan etos kerja dari para pustakawan inilah yang menjadi pendorong bagi Perpustakaan IPB University untuk terus meningkatkan kualitasnya, salah satunya melalui layanan penelusuran informasi.

“Kita ketahui bersama bahwa peran perpustakaan tidak hanya sebagai institusi pengelola koleksi cetak dan elektronik, namun juga harus menjadi bagian dari kegiatan masyarakat. Perpustakaan dapat menjadi sarana rekreasi dan menjadi sarana bagi pemustaka untuk memperoleh informasi apapun sesuai kebutuhan,” katanya.
Prof Dodik menambahkan, berdasarkan data Sistem Informasi Manajemen Kerja (Simaker), jumlah e-journal dan e-book yang diakses oleh pemustaka sebesar 170.935. Selain itu, jumlah kunjungan perpustakaan mencapai 104,9 persen dengan indeks kepuasan pemustaka sebesar 3,43 dari target 3,5.

“Mengingat tingginya jumlah kunjungan ke Perpustakaan IPB University, maka dianggap perlu untuk menyiapkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang kompeten dalam pelayanan perpustakaan, khususnya penelusuran informasi. Saat ini, pustakawan dituntut untuk bisa menguasai segala jenis sarana penelusuran, terutama online. Maka dari itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pustakawan IPB University dalam memanfaatkan teknologi penelusuran informasi,” imbuhnya.

Sementara Kepala Perpustakaan IPB University, Prof Pudji Muljono berharap setelah mengikuti pelatihan ini, kemampuan peserta semakin meningkat dalam melakukan penelusuran informasi berbasis online. Peserta juga dapat memanfaatkannya untuk kepentingan pengajaran, penelitian, mahasiswa dan masyarakat luas.

Hadir sebagai narasumber adalah Supervisor Layanan Pemustaka, Irma Elvina, SSos, MP, Pustakawan Utama, Ir Abdul Rahman Saleh, MSc. Hadir juga Supervisor Layanan dan Adismistrasi Umum, Ony Lusyantari, SS, Supervisor Pengolahan Bahan Pustaka, Widiyati Kania, SSos, MP dan Koordinator Layanan Referensi, Ir Rita Komalasari.  (Awl/Zul)

 

Published Date : 16-Jul-2022
Resource Person : Prof Pudji Muljono, Prof Dodik Ridho Nurrochmat
Keyword : IPB University, Perpustakaan, Pustakawan

Sumber: IPB Today Edisi 791