Perpustakaan IPB University dan Departemen TIN Terima Kunjungan Universitas Dian Nuswantoro Semarang Dalam Rangka PKKM

Perpustakaan IPB University dan Departemen TIN Terima Kunjungan Universitas Dian Nuswantoro Semarang Dalam Rangka PKKM

Perpustakaan IPB University menerima kunjungan benchmarking dari mahasiswa DepartemenTeknologi Industri Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Semarang. Kunjungan ini dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Tujuan kegiatan kunjungan yaitu untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana dan mendorong transformasi di bidang pendidikan tinggi. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kunjungan ke Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB University yang kemudian dilanjutkan dengan tur melihat fasilitas yang tersedia di Perpustakaan IPB University.

Dalam kunjungan ke Perpustakaan, mereka didampingi oleh Sekretaris Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) IPB University, Dr Endang Warsiki. Ia mengatakan, tujuan dari kunjungan ini adalah bagaimana mengelola kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dan pengembangan soft skills mahasiswa dan tenaga kependidikan. Dosen IPB University itu menyebut, PKKM merupakan akselerasi Kampus Merdeka untuk mendorong transformasi dan inovasi perguruan tinggi pada basis program studi, agar pembelajaran Kampus Merdeka dapat terlaksana sesuai harapan.

“Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki kapasitas baru untuk menjadi sumberdaya manusia unggul di masa depan dan mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga perguruan tinggi dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sasaran yang ingin dicapai program PKKM  adalah meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran. Harapannya adalah mahasiswa dapat melaksanakan program ini secara memikat, dengan menikmati suasana di berbagai daerah, tetapi pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

Rombongan melanjutkan kunjungan ke Perpustakaan IPB University untuk mengetahui seberapa besar kegiatan daring yang dilakukan perpustakaan selama masa pandemi.

Rombongan disambut oleh Koordinator Layanan Referensi dan Penelusuran Informasi Perpustakaan IPB University, Deden Himawan, MIKom. Ia menjelaskan, bahwa sejak wabah COVID-19 pada tahun 2020 kegiatan di perpustakaan IPB University banyak yang dilakukan secara daring. Ia menyebut, sejak September 2021, Perpustakaan IPB University sudah membuka layanan tatap muka dengan masih dibatasi sampai jam 16.00 WIB.

Perpustakaan IPB University melakukan layanan teknis dan layanan pengguna. Yang dimaksud layanan teknis adalah layanan kegiatan  mempersiapkan bahan pustaka agar dapat digunakan oleh pengguna perpustakaan. Sedangkan layanan pengguna adalah kegiatan memberikan jasa layanan kepada pengguna perpustakaan, khususnya kepada sivitas akademika IPB University,” ujarnya.

Sementara itu, dosen Teknologi Industri Universitas Dian Nuswantoro, Nur Iscahudin, MT menyampaikan, kunjungan ini diharapkan mampu menciptakan hubungan baik dan terciptanya kerja sama di bidang PKKM dengan IPB University. Ia menjelaskan, salah satu rangkaian lanjutan PKKM, kegiatannya adalah mahasiswa berkegiatan di luar kampus. Ia menyebut, ada dua program yaitu, magang dan kredit transfer.

“Nanti, mahasiswa UDINUS melakukan kegiatan pembelajaran di IPB University selama satu semester. Tahapan ini juga ingin memberikan gambaran ke mahasiswa di Departemen Teknologi Industri UDINUS, bagaimana atmosfir pendidikan di IPB University, karena kegiatan belajar selama ini secara daring. Jadi kita berkunjung ingin tahu kampus IPB University secara menyeluruh,” pungkasnya. (Awl)

Published Date : 24-Dec-2021
Narasumber : Dr Endang Warsiki, Nur Iscahudin, MT
Kata kunci : perpustakaan IPB, pustaka IPB, referensi IPB, kerjasama IPB, PKKM, Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB
SDG : SDG 4 – PENDIDIKAN BERMUTU, SDG 17 – KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN

Sumber: IPB Today Edisi 710