Perpustakaan IPB University Gelar Pelatihan Indeksasi dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen

Perpustakaan IPB University Gelar Pelatihan Indeksasi dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen

Pel1

Perpustakaan IPB University menyelenggarakan Pelatihan Indeksasi dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen, (12-13/10). Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan agar dapat mengikuti perkembangan dan kebutuhan sivitas akademika IPB University. Pelatihan ini diikuti 38 pustakawan dan dilaksanakan di Gedung Komputer, Perpustakaan IPB University.
Kepala Perpustakaan IPB University, Prof Pudji Muljono mengatakan bahwa untuk menghasilkan pustakawan yang terampil dalam hal penulisan indeksasi dan sitasi karya ilmiah dosen, maka perlu dilaksanakan pembinaan. Yakni melalui pendidikan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pustakawan dalam membuat tulisan/karya ilmiah dengan mengemas ulang informasi yang tersebar di perpustakaan.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, para pustakawan mampu meningkatkan pengetahuan dan produktivitas pustakawan dalam membuat tulisan karya ilmiah, baik yang popular maupun yang non popular. Peserta juga dapat meningkatkan sikap dan etika pustakawan,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, Supervisor Layanan Pemustaka Perpustakaan IPB University, Irma Elvina, SSos, MP. Ia menyampaikan bahwa pelatihan ini dapat menciptakan kompetensi pustakawan yang berkualitas.

“Pelatihan ini juga untuk memudahkan pengguna mencari informasi yang sesuai dengan subjek tertentu, menyediakan informasi terkait akreditasi institusi dan fakultas. Ini juga bisa menjadi sarana pustakawan dalam mengumpulkan angka kredit,” imbuhnya.

Ia menyarankan agar peserta pelatihan dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Terutama untuk konsultasi dan menganlisis sumber informasi yang dibutuhkan dalam penulisan sitasi karya ilmiah dosen ke dalam jurnal yang terindek scopus.

“Sehingga indek kualitas karya ilmiah dosen akan meningkat dan dapat mendukung kinerja dosen dalam menerbitkan karya ilmiahnya,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kordinator Pengelolahan Bahan Perpustakasn IPB University, Fery Siswadi, SE, MM. Menurutnya, IPB University saat ini menuju World Class University Rankings.

“Jadi perlu adanya pembekalan kepada pustakawan IPB University untuk memahami tipe dan tips indeksasi jurnal. Termasuk bagaimana etika dalam publikasi, target indeks jurnal dalam penulisan karya ilmiah,” jelasnya.

Materi pelatihan juga ditekankan pada pembekalan teknik indeksasi dan sitasi karya ilmiah dosen. Seperti pengantar indeksasi dan sitasi, pemanfaatan dan penggunaan publish or perrish, mengenal subject plus dan praktik penggunaan subject plus. (Awl/Zul)

Published Date : 14-Oct-2021
Resource Person : Prof Pudji Muljono, Irma Elvina, SSos, MP
Keyword : IPB University, Pustakawan, Karya Ilmiah, Perpustakaan IPB
SDG : SDG 4 – QUALITY EDUCATION, SDG 9 – INDUSTRY, INNOVATION AND INFRASTRUCTURE