Profil

calon page

Profil Perpustakaan

 

Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan untuk menunjang terselenggaranya tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di IPB. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Perpustakaaan IPB menghimpun, mengolah, serta menyebarluaskan informasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta  mendokumentasikan karya ilmiah staf IPB, skripsi, tesis dan disertasi  lulusan IPB.  Informasi yang dikelola berbentuk bahan pustaka tercetak maupun elektronik.

Pada tahun 2009, Perpustakaan IPB telah memperoleh tugas baru untuk mengembangkan Pusat Arsip IPB. Untuk melaksanakan tugas tersebut, maka dibentuk  bidang baru, yaitu Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Arsip.

Visi

Menjadikan UPT Perpustakaan Institut Pertanian Bogor sebagai unit pengelola informasi berbasis teknologi informasi yang mendukung riset kelas dunia dengan kompentensi utama pertanian, kelautan dan biosains tropika.

Misi

Misi UPT Perpustakaan Institut Pertanian Bogor tahun 2015 adalah :

  1. Menjadi pusat informasi terdepan dalam rangka menyiapkan insan terdidik yang unggul, profesional, dan berkarakter kewirausahaan di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika bagi sivitas akademika IPB dan masyarakat umum;
  2. Menyediakan dan memperluas akses informasi secara global dalam rangka mendukung proses transformasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan riset kelas dunia;
  3. Meningkatkan minat baca yang beretika dan komprehensif;

Tugas

  1. Menyediakan pusat layanan informasi berbasis teknologi informasi bagi sivitas akademika IPB dan masyarakat umumnya dalam rangka mendukung IPB menjadi universitas riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan.
  2. Mengelola dan mengembangkan sistem kearsipan dalam rangka menyiapkan terbentuknya Pusat Arsip Institut.

 

Struktur Organisasi

 

Kebijakan Mutu

Perpustakaan Institut Pertanian Bogor mempunyai komitmen untuk memberikan sistem layanan yang berbasis teknologi informasi yang mendukung riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian, kelautan dan biosains tropika serta berkarakter kewirausahaan dalam rangka mencapai kepuasan pemustaka.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka Perpustakaan Institut Pertanian Bogor :

  1. Memberikan jasa layanan sesuai dengan persyaratan mutu yang ditetapkan dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2008;
  2. Memastikan penempatan staf sesuai dengan komptensinya dan meningkatkankanya sesuai kebutuhan;
  3. Memastikan fasilitas dan sarana prasarana perpustakaan selalu dalam kondisi terawat dan baik untuk mendukung jasa pelayanan;
  4. Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan konsisten dan secara berkesinambungan meningkatkan efektifitasnya.

 

Koleksi

Koleksi Perpustakaan IPB sampai dengan akhir November 2010 terdiri dari koleksi tercetak dan digital. Jumlah koleksi tercetak: buku teks/laporan penelitian 45.837 judul (72.201 eksemplar), buku referensi 5.221 judul, jurnal/majalah 2.783 judul (14.536 eksemplar), skripsi 47.233 judul, tesis 9.725 judul (9.807 fulltext), dan disertasi 2.125 judul.

Koleksi digital terdiri dari: fulltext skripsi 37.719 fulltext, tesis 9.807 fulltext dan disertasi 1.728 fulltext, artikel IPBana 5.234 fulltext, koleksi CD TEEAL untuk koleksi tahun <2006 dan harddisk TEEAL (1 unit).

Database jurnal online yang tersedia sebanyak empat database, yaitu ProQuest, ScienceDirect, Infotract dan EBSCO .

Pangkalan Data

Pangkalan Data yang dapat diakses melalui OPAC (Online Public Accsess Catalog) yang tersedia di Lantai 1 Perpustakaan adalah BUKU (untuk koleksi buku, referensi, laporan penelitian dan IPBana), SKRIP untuk skripsi, TESIS (untuk tesis), DISER (untuk disertasi) dan MJL (untuk jurnal/majalah tercetak).

Pangkalan data jurnal online yang dilanggan oleh Perpustakaan IPB adalah ProQuest, ScienceDirect, dan Infotrac. Pangkalan data lainnya adalah EBSCO yang berisi tesis dan disertasi fulltext.

Layanan Perpustakaan

Perpustakaan IPB memberikan berbagai layanan perpustakaan, yaitu Layanan Sirkulasi, Layanan Digital, Layanan Referensi, Program Pengenalan Perpustakaan, Pelatihan Penelusuran Informasi, Self Access Center  (SAC), Pelatihan dan Magang Kerja di bidang perpusdokinfo, Percetakan, Layanan Scanning dan Layanan Fotokopi.

Situs Perpustakaan

Pada tahun 1998 Perpustakaan IPB memiliki situs yang pertama kali dengan alamat http://perpustakaan.ipb.wasantara.net.id/, kemudian sesuai dengan perkembangan domain yang dimiliki oleh IPB maka pada tahun 2003 situs web perpustakaan IPB berubah menjadi sub domain dari webnya IPB menjadi http://www.iel.ipb.ac.id.  Selanjutnya mengikuti perkembangan pengelolaan situs web IPB pada tahun 2008 diganti dengan lagi dengan domain baru yang tetap menginduk kepada situs IPB dengan alamat http://perpustakaan.ipb.ac.id. Situs web Perpustakaan IPB tersebut berisi informasi tentang profil, sejarah, layanan dan fasilitas, staf perpustakaan, katalog, jurnal elektronik, link ke situs lain dan info pustakawan.

Publikasi

Publikasi yang rutin dipublikasikan adalah Bibliografi Tesis/Disertasi dan Bibliografi IPBana yang diterbitkan setahun dua kali.  Koleksi IPBana adalah bahan perpustakaan hasil karya staf pengajar dan tenaga kependidikan IPB, baik berbentuk buku teks/rujukan, laporan penelitian, makalah/prosiding lokakarya/seminar/pertemuan dan sejenisnya, artikel ilmiah, orasi ilmiah dan CD/VCD. Publikasi lain yang pernah diterbitkan adalah Info Pustaka yang berisi informasi terseleksi yang disusun berdasarkan subjek yang dicakup setiap fakultas.

Perpustakaan IPB mengelola satu judul jurnal, yaitu Jurnal Pustakawan Indonesia (JPI) yang merupakan terbitan berkala terbit  dua kali setahun yang menyajikan tulisan di bidang perpustakaan, dokumentasi, informasi dan komputer; sebagai medium informasi dan komunikasi antar pustakawan dan diterbitkan untuk seluruh pustakawan dan pemerhati bidang perpusdokinfokom di Indonesia.  JPI memuat rubrik artikel, rubrik profil perpustakaan, opini, tips, tahukah anda, tinjauan buku, klinik TI,  tokoh dan situs menarik dalam bidang teknologi informasi dan perpustakaan.

ARSIP