Home Profil

Profil

E-mail Print PDF

Profil Perpustakaan


Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan untuk menunjang terselenggaranya tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di IPB. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Perpustakaaan IPB menghimpun, mengolah, serta menyebarluaskan informasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta  mendokumentasikan karya ilmiah staf IPB, skripsi, tesis dan disertasi  lulusan IPB.  Informasi yang dikelola berbentuk bahan pustaka tercetak maupun elektronik.

Pada tahun 2009, Perpustakaan IPB telah memperoleh tugas baru untuk mengembangkan Pusat Arsip IPB. Untuk melaksanakan tugas tersebut, maka dibentuk  bidang baru, yaitu Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Arsip.

Visi


Menjadikan Perpustakaan IPB sebagai sistem layanan informasi, deposit dan kearsipan yang berbasis teknologi informasi yang mendukung riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan.

Misi

 

  1. Menyediakan pusat layanan perpustakaan modern bagi sivitas akademika IPB dan masyarakat umumnya;
  2. Menyediakan informasi yang mendukung tridharma perguruan tinggi dan riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains;
  3. Mengembangkan jaringan perpustakaan global pada lingkup nasional dan internasional;
  4. Memperluas akses informasi untuk peningkatan mutu pendidikan;
  5. Menciptakan lingkungan gemar baca yang tertib, nyaman dan bersahabat;
  6. Menciptakan dan mengelola sistem kearsipan dan deposit yang mendukung akuntabiitas.

 

Tugas

 

  1. Menyediakan pusat layanan informasi berbasis teknologi informasi bagi sivitas akademika IPB dan masyarakat umumnya dalam rangka mendukung IPB menjadi universitas riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan.
  2. Mengelola dan mengembangkan sistem kearsipan dalam rangka menyiapkan terbentuknya Pusat Arsip Institut.

 

Koleksi


Koleksi Perpustakaan IPB sampai dengan akhir November 2010 terdiri dari koleksi tercetak dan digital. Jumlah koleksi tercetak: buku teks/laporan penelitian 45.837 judul (72.201 eksemplar), buku referensi 5.221 judul, jurnal/majalah 2.783 judul (14.536 eksemplar), skripsi 47.233 judul, tesis 9.725 judul (9.807 fulltext), dan disertasi 2.125 judul.  

Koleksi digital terdiri dari: fulltext skripsi 37.719 fulltext, tesis 9.807 fulltext dan disertasi 1.728 fulltext, artikel IPBana 5.234 fulltext, koleksi CD TEEAL untuk koleksi tahun <2006 dan harddisk TEEAL (1 unit).

Database jurnal online yang tersedia sebanyak empat database, yaitu ProQuest, ScienceDirect, Infotract dan EBSCO .

Pangkalan Data


Pangkalan Data yang dapat diakses melalui OPAC (Online Public Accsess Catalog) yang tersedia di Lantai 1 Perpustakaan adalah BUKU (untuk koleksi buku, referensi, laporan penelitian dan IPBana), SKRIP untuk skripsi, TESIS (untuk tesis), DISER (untuk disertasi) dan MJL (untuk jurnal/majalah tercetak).  

Pangkalan data jurnal online yang dilanggan oleh Perpustakaan IPB adalah ProQuest, ScienceDirect, dan Infotrac. Pangkalan data lainnya adalah EBSCO yang berisi tesis dan disertasi fulltext.

Layanan Perpustakaan


Perpustakaan IPB memberikan berbagai layanan perpustakaan, yaitu Layanan Sirkulasi, Layanan Digital, Layanan Referensi, Program Pengenalan Perpustakaan, Pelatihan Penelusuran Informasi, Self Access Center  (SAC), Pelatihan dan Magang Kerja di bidang perpusdokinfo, Percetakan, Layanan Scanning dan Layanan Fotokopi.

Situs Perpustakaan


Pada tahun 1998 Perpustakaan IPB memiliki situs yang pertama kali dengan alamat http://perpustakaan.ipb.wasantara.net.id/, kemudian sesuai dengan perkembangan domain yang dimiliki oleh IPB maka pada tahun 2003 situs web perpustakaan IPB berubah menjadi sub domain dari webnya IPB menjadi http://www.iel.ipb.ac.id.  Selanjutnya mengikuti perkembangan pengelolaan situs web IPB pada tahun 2008 diganti dengan lagi dengan domain baru yang tetap menginduk kepada situs IPB dengan alamat http://perpustakaan.ipb.ac.id. Situs web Perpustakaan IPB tersebut berisi informasi tentang profil, sejarah, layanan dan fasilitas, staf perpustakaan, katalog, jurnal elektronik, link ke situs lain dan info pustakawan.

Publikasi


Publikasi yang rutin dipublikasikan adalah Bibliografi Tesis/Disertasi dan Bibliografi IPBana yang diterbitkan setahun dua kali.  Koleksi IPBana adalah bahan perpustakaan hasil karya staf pengajar dan tenaga kependidikan IPB, baik berbentuk buku teks/rujukan, laporan penelitian, makalah/prosiding lokakarya/seminar/pertemuan dan sejenisnya, artikel ilmiah, orasi ilmiah dan CD/VCD. Publikasi lain yang pernah diterbitkan adalah Info Pustaka yang berisi informasi terseleksi yang disusun berdasarkan subjek yang dicakup setiap fakultas.

Perpustakaan IPB mengelola satu judul jurnal, yaitu Jurnal Pustakawan Indonesia (JPI) yang merupakan terbitan berkala terbit  dua kali setahun yang menyajikan tulisan di bidang perpustakaan, dokumentasi, informasi dan komputer; sebagai medium informasi dan komunikasi antar pustakawan dan diterbitkan untuk seluruh pustakawan dan pemerhati bidang perpusdokinfokom di Indonesia.  JPI memuat rubrik artikel, rubrik profil perpustakaan, opini, tips, tahukah anda, tinjauan buku, klinik TI,  tokoh dan situs menarik dalam bidang teknologi informasi dan perpustakaan.








 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini10251
mod_vvisit_counterBulan ini177823
mod_vvisit_counterTotal kunjungan2883164

 87 guests, 11 bots online

Foto Pegawai

No images

Peta Pengunjung

Locations of visitors to this page